Wakil Dubes Afghanistan Zalmai Wamalaf

Belanja Di Toko Pakai Bahasa Indonesia

Rakyat-Merdeka.co.id - Tak hanya duduk di belakang meja, Wakil Duta Besar Afghanistan untuk Indonesia Zalmai Wamalaf senang berinteraksi langsung dengan masyarakat. Baik untuk melatih kemampuan Bahasa Indonesianya, atau menghadiri acara kebudayaan yang digelar negara lain.

Dia punya beberapa cerita menarik selama bertugas di Indonesia. “Ibu-ibu yang lagi ngumpul menyangka saya bintang Bollywood,” katanya sembari mengenang kejadian di acara kebudayaan India di Jakarta Selatan. Zalmai datang untuk mengisi waktu akhir pekannya. “Saat itu, ada beberapa wanita mendatangi saya minta berfoto bersama. Mereka bilang saya seperti bintang Bollywood. Kurang lebih begitu, saya lupa-lupa ingat,” ujarnya tertawa. Zalmai meladeni permintaan foto bareng tersebut.Pengalaman lainnya saat dia berjalan santai di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta. Dia mencoba menggunakan Bahasa Indonesia waktu belanja.

Namun, dia disambut dengan rentetan bahasa Indonesia yang sama sekali tidak dia pahami. “Saya langsung minta maaf karena tidak paham. Orang Indonesia memang ramah-ramah sekali. Mereka sepertinya langsung senang kalau ada orang asing bisa bahasa asli,” bebernya. “Saya selalu ingin coba praktikkan kemampuan berbahasa Indonesia saya. Tapi, saya kelewat pede sepertinya,” lanjut Zalmai. Dia melanjutkan, kalau si pemilik toko ternyata bisa berbahasa Inggris, sehingga Zalmai bisa menjelaskan kalau dia ingin mencoba-coba kemampuan berbahasanya. “Untung sekali. Saya dapat banyak pelajaran,” imbuhnya. [DAY]

RM Video