Klaim Surya Paloh

Karwo Targetkan 70 Persen Suara Jatim Untuk Jokowi

Nama Gubernur Jawa Timur Soekarwo kembali diklaim sebagai pendukung Jokowi. Bahkan, Soekarwo menjanjikan kemengan 70 persen suara buat paslon 01. Pakde Karwo-sapaan akrabnya,selalu membantah bila dirinya menjadi pendukung Jokowi-Ma’ruf. Namun untuk peta kekuatan di Jatim, Karwo menjagokan Jokowi bakal menang lawan Prabowo. Bahkan analisis politiknya itu sudah dibeberkan Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

Benarkah? Ketua Demokrat Jatim ini mengakui, sebagai politisi dirinya memiliki kirka atau perkiraan keadaan. Terkait pilpres ini, kirka Karwo menyebut Jokowi-Ma’ruf bakal unggul jauh di wilayah kekuasaannya. “Saya punya kirka, ini jurusan yang saya tahu. Semua juga punya kirka. Kemarin Kompas keluarkan 69 koma. Kalau saya sampai 70 persen. Jadi tipis sekali,” kata Karwo, di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jatim, kemarin.

Karwo tidak menampik, analisis politiknya itu pernah diutarakan pada Surya Paloh. Namun dia tidak menjawab pasti, soal klaim Surya Paloh bila dirinya akan ikut memenangkan Jokowi-Ma’ruf di wilayah Jawa Timur.
“Silakan tanyan langsung ke Surya, dia kan yang bilang. Tapi kirka kita itu memang 70 persen buat Jokowi,” tegas Karwo. Dia membantah kehadirannya di Apel Siaga Partai Nasdem di Jatim Expo, Surabaya pada Minggu (28/10) sebagai sinyal dukungan buat Jokowi. Kehadirannya di situ dalam kapasitas sebagai Gubernur Jatim bukan pendukung Prabowo. “Saya diundang sebagai gubernur,” tegasnya.

Seperti diketahui, Minggu kemarin, Nasdem menggelar Apel Siaga Pemenangan di Jatim Expo, Surabaya. Acara yang dihadiri oleh Presiden Jokowi ini juga dihadiri oleh Soekarwo. Surya Paloh mengatakan, kehadiran Pakde Karwo bukan tanpa alasan. Kata dia, Karwo memang berkomitmen untuk ikut memenangkan paslon nomor 01 di Jatim. “Oh jelas, komitmennya mengantarkan bagaimana goal object presentation yang tinggi di Jatim ini,” tegas Paloh.

Sebagai teman dekat, Bos Media Group ini mengaku yakin dengan komitmen Karwo. “Bukan lagi yakin, amat yakin saya. Saya kenal Pakde Karwo cukup lama. Saya tahu Pakde Karwo akan melakukan apa yang terbaik yang bisa dia lakukan,” lanjutnya. Ditambahkan Paloh, keyakinan ini dikuatkan dengan komunikasi yang terjalin intens antara dirinya dengan Pakdhe Karwo. “Ada (komunikasi intens) sama Pakdhe Karwo ada, kawan lama puluhan tahun, bagaimanapun juga ya,” imbuhnya.

Paloh juga menjelaskan target suara dukungan sebesar 70 persen untuk Jokowi didasarkan pada fakta. Bahwa Jatim memiliki jumlah DPD terbesar kedua setelah Jawa Barat. “Betapa pentingnya strategi pemenangan pilpres di Jawa Timur ini dan Nasdem bahagianya ikut bertanggung jawab sepenuhnya.

Bagaimana kemenangan itu bisa dioptimalkan jadi target di Jawa Timur 70 persen tadi memang saya pikir kalau itu memungkinkan itu sebuah prestasi yang baik,” paparnya. Pengamat politik Karyono Wibowo menilai, masuknya Pakde Karwo membawa efek positif bagi Jokowi. Pengalaman Karwo memimpin Jatim selama 10 tahun, membuat pengaruhnya masih kuat untuk menangkan Jokowi. “Basis massanya masih ada. Mereka ini juga punya hak suara yang bisa saja mereka berikan kepada Jokowi,” ungkapnya. Kata Karyono, upaya tersebut merupakan salah satu strategi dari TKN Jokowi untuk mengamankan suara di Jatim. “Jika Tim Jokowi berhasil merekrut Karwo, bisa jadi lumbung-lumbung suara Prabowo bisa bermigrasi ke pemilih pasangan Jokowi-Ma’ruf. [HEN]

RM Video