Relawan Espas

Sering Blusukan Ke Pasar Tradisional

Sandi dikerubuti Para Emak

Relawan Relawan Prabowo-Sandi dari kalangan emak-emak terus bertambah. Kali ini datang dari relawan yang menamakan diri Emak-Emak Semok Pejuang Andalan Sejati atau disingkat Relawan Espas Prabowo-Sandi. Relawan ini dibentuk pada 14 Agustus lalu atas permintaan Sandiaga Uno. Meskipun baru berusia dua bulan, relawan ini mengklaim sudah punya pengurusan skala nasional dengan anggota dua ribuan orang.

Dewi Herawati, selaku Ketua Umum Espas menyebut, relawan yang dipimpinnya berbeda dengan barisan emak-emak lainnya. Meskipun namanya jarang didengar, Dewi mengklaim relawannya lebih banyak aksi. “Kami rutin blusukan ke pasar-pasar tradisional di berbagai daerah. Kami ingin buktikan bahwa harga-harga tinggi bagi kebutuhan pokok itu fakta bukan hoaks,” kata Dewi saat berbincang dengan Rakyat Merdeka, kemarin. Dari berbagai blusukan yang sudah dilakukan, lanjut Dewi, pihaknya dapat gambaran soal harga kebutuhan pokok. “Bahan-bahan mahal, jadi uang Rp50 ribu bisa dapat apa coba. Jadi bohong banget kalau cabe itu Rp15 ribu, cabe itu per daerah macam-macam harganya. Paling murah di Jawa Timur aja Rp27 ribu apalagi di Jakarta bisa 30 ribu,”ungkapnya.

Selain blusukan, lanjut Dewi, Espas juga melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat. Mulai dari pelatihan memasak pada emak-emak di desa hingga bentuk posko kesehatan. “Kami juga memberikan bantuan makanan bergizi juga bagi warga desa di daerah dengan sosialisasi kandidat pasangan calon,” ucap Dewi.

Dari mana dananya? Dewi mengaku, semua kegiatan yang dilakukan relawan bersifat mandiri. Espas tidak menerima bantuan dari pihak mana pun. Semua anggota secara sukarela memberikan bantuan. “Nah ini dia seharusnya kita bergerak ada yang support, tapi saat ini ESPAS belum ada yang support. Tolong di support emak-emak ESPAS karena program kita bisa buat menaikkan elektabilitas Prabowo-Sandi juga,” ujarnya. Banyaknya kegiatan yang telah dilakukan, diakui Dewi, membuat Espas dapat sambutan positif. Tak heran, dia mengaku banyak  [MHS]

RM Video