Partai OSO Yakin Lolos Ke Senayan

Para Anggota Partai Hanura Kabupaten Rokan Hilir, saat peresmian kantor DPC. (Foto: Twitter @ partai hanura riau

Rakyat-Merdeka.co.id - Partai pimpinan Oesman Sapta Odang alias OSO meyakini, hasil survei dari sejumlah lembaga survei kerap meleset.  Ketua DPP Partai Hanura, Inas Nasrullah mengaku, hasil survei selalu meleset, karena tidak me¬masukkan variabel elektabilitas dan popularitas ketokohan. Buktinya, Hanura selalu lolos ambang batas parlemen.

“Survei hanya bisa memprediksi bendera partai, tapi bukan caleg partai. Sedangkan Hanura masih mengandalkan tokoh-tokoh masyarakat untuk terjun di setiap pemilu legislatif,” jelas Inas, kemarin. Inas menyadari, elektabilitas dan popularitas partainya belum optimal. Tapi, hasil survei tak selalu dijadikan patokan. Prediksi survei boleh berbeda, namun faktanya di setiap gelaran pemilu hasilnya selalu meleset. 

“Sejak Pileg 2009 dan 2014, Hanura selalu diprediksi tidak lolos PT, tapi Alhamdulillah ternyata lolos juga ke Senayan,” ujarnya. Inas tak khawatir elektabilitas partainya tergerus dengan partai pengusung Joko Widodo-Ma’ruf Amin lainnya. 

Hanura akan memanfaatkan elektabilitas dan popularitas Jokowi untuk meraup suara. Program-program sukses dan personalitas Jokowi menjadi komoditas politik Hanura dan ini akan ditawarkan kepada pemilih. “Justru dengan digabungkan pileg dengan pilpres, Hanura akan memanfaatkan betul keuntungan mengusung Jokowi. Sebab, Pak Jokowi memiliki program bisa kita ingatkan kembali kepada masyarakat,” tutupnya.

Partai Bulan Bintang (PBB) juga menargetkan lolos PT 4 persen. Partai besutan Yusril Ihza Mahendra ini bakal menjaga su¬ara mereka di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Setiap TPS ada 2 relawan kami menjaga suara kami DCSsehingga ketika perhitungan suara nanti Insya Allah suara kita tidak akan hilang, tidak akan ada pemain-pemain yang mencuri suara-suara PBB,” kata Sekjen PBB, Afriansyah Ferry Noer, kemarin. Menurut Afriansyah dengan menerjunkan relawan untuk menjaga TPS sangat efektif dan bisa menghindari kecurangan. Setidaknya, ada 1,6 juta relawan telah disiapkan PBB. Semua relawan kini sudah didata. Dia yakin, PBB bisa masuk ke parlemen.

Sebelumnya, Ketua Komite Aksi Pemenangan Pemilihan Umum (Kappu) DPP PBB, Yusron Ihza Mahendra mengaku, pasrtainya menargetkan 6 persen suara di Pileg 2019. Raihan suara itu dianggap realistis dan dapat mengantar PBB ke parlemen. Kesepakatan kita, target ingin kita capai adalah enam persen. Alhamdulilah, kalaupun melorot, hanya melorot sedikit. Jadi angka enam persen itu merupakan keputusan Rakernas kita,” kata Yusron. [EDY]

RM Video