Piala Asia U-23 2020

Merah Putih Ekstra Waspada

Gelandang Evan Dimas, salah satu andalan timnas U-23. (Foto: IG @evhandimas)

Rakyat-Merdeka.co.id - Indonesia tergabung di grup K bersama Vietnam, Thailand dan Brunei Darussalam berdasarkan hasil undian  kualifikasi Piala Asia U-23 2020  di AFC House, Kuala Lumpur, hari ini.  Vietnam akan bertindak sebagai tuan rumah kualifikasi Grup K. Total ada 11 grup di babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020, yang putaran finalnya akan diselenggarakan di Thailand pada Januari 2020. Untuk babak kualifikasi yang digelar pada Maret 2019, Indonesia terbilang beruntung bisa masuk Grup K. Itu karena Thailand sudah dipastikan lolos ke putaran final, sebagai tuan rumah.

 Alhasil, seandainya Thailand peringkat dan poinnya memenuhi syarat lolos dari kualifikasi, maka akan dilimpahkan ke peringkat kedua terbaik. Nantinya, juara grup dan empat peringkat kedua terbaik berhak lolos ke putaran final. Jika hal itu terwujud, maka ada 5 peringkat kedua terbaik yang akan melaju. Meski begitu, Merah Putih harus tetap waspada. Vietnam yang merupakan finalis Piala Asia U-23 tahun ini, tak bisa dipandang sebelah mata. 

Putaran final Piala Asia U-23 2020 ini sekaligus menjadi babak kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Dari Asia, ada jatah 4 negara yang berarti semifinalis. Jatah Asia yang sebenarnya adalah 5 negara, namun Jepang sudah dipastikan lolos ke Olimpiade 2020 sebagai tuan rumah. [WUR]


Kualifikasi Piala Asia U-23 2020

Grup A: Qatar, Oman, Nepal, Afghanistan

Grup B: Palestina, Bahrain, Bangladesh, Sri Lanka

Grup C: Irak, Iran, Turkmenistan, Yaman

Grup D: Arab Saudi, UAE, Libanon, Maladewa

Grup E: Yordania, Suriah, Kirgizstan, Kuwait

Grup F: Uzbekistan, Tajikistan, India, Pakistan

Grup G: Korut, Hong Kong, Singapura, Mongolia

Grup H: Korsel, Australia, Kamboja, Cina Taipei

Grup I: Jepang, Myanmar, Timor Leste, Makau

Grup J: Malaysia, Cina, Laos, Filipina

Grup K: Vietnam, Thailand, Indonesia, Brunei Darussalam

RM Video