Jelang Laga Perdana Piala AFF 2018

Indonesia Siap Libas The Lions

Eksekutor sepak pojok Evan Dimas, siap memberikan yang terbaik untuk Indonesia di Piala AFF 2018/(Foto: IG @evhandimas)

Rakyat-Merdeka.co.id - Sore tadi, timnas Indonesia bertolak ke Singapura, untuk melakoni laga perdana Piala AFF 2018 di Stadion Nasional Singapura, Jumat (9/11) mendatang. Sebelumnya, tim Merah Putih memantapkan persiapan mereka dengan berlatih eksekusi bola mati dalam menu latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat. Menu latihan tersebut belum pernah dilakukan dalam empat latihan sebelumnya.

"Hari ini latihan set piece, memang kami sengaja habiskan di sini untuk latihan tersebut, agar di Singapura tinggal berlatih organisasi menyerang dan bertahan. Tidak hanya tendangan sudut, kami juga berlatih tendangan bebas. Tujuannya, agar mereka mengerti tanggung jawabnya masing-masing," kata pelatih kepala Timnas Indonesia Bima Sakti. 

Gelandang Timnas Indonesia Evan Dimas Darmono dipercaya pelatih kepala Bima Sakti sebagai eksekutor sepak pojok. Bermacam model tendangan sudut dicoba agar tidak monoton. Dalam eksekusi sepak pojok, Evan bisa langsung mengumpan ke jantung kotak penalti, atau mengoper Andik Vermansah yang siap memberi umpan lambung dari sayap. Sementara Gavin Kwan Adait, Fachruddin Aryanto, Alberto Goncalves da Costa, Stefano Lilipaly, serta Bagas Adi Nugroho menjadi pemain yang bertugas menyambut umpan dalam kotak penalti. 

"Kami harus bisa memanfaatkan set piece sebaik mungkin. Karena beberapa kali pertandingan sebelumnya, timnas Indonesia sering kecolongan dari itu," ucap Bima. Untuk latihan tendangan bebas dengan jarak kurang lebih 20 meter, Bima mencoba kemampuan Irfan Jaya, Evan Dimas, Riko Simanjuntak, Stefano Lilipaly, Septian David Maulana, Muhammad Hargianto, serta Bayu Pradana. Hanya Evan serta Septian yang tembakannya sempat on target, sedangkan tendangan Bayu terkena tiang.

"Sebenarnya, sudah saya sampaikan perihal set piece. Seharusnya tidak cuma satu hari ini, tetapi setiap hari mereka harus berlatih set piece. Satu pemain harusnya 20-30 kali tendangan," ujar Bima. Sebelumnya, dalam Training Camp (TC) hari keempat di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, tim Merah Putih mengasah kemampuan skema menyerang. [WUR]

RM Video