Hadapi Momen Akhir Tahun

Pemerintah Pelototi Harga Beras

Kepala Satgas Pangan Irjen Setyo Wasisto (Sumber: Pantau.com)

Rakyat-Merdeka.co.id - Pemerintah mulai melakukan persiapan untuk menghadapi potensi lonjakan kebutuhan pangan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. Kemarin, Kemenko Perekonomian, Satgas Pangan, dan Perum Bulog menggelar rapat koordinasi terbatas (rakortas) membahas hal tersebut. Hasilnya, mereka sepakat untuk menjaga harga beras medium untuk di Pulau Jawa Rp 9.450 per kilogram (kg). Harga itu sesuai dengan acuan beras medium di DKI Jakarta dan di Pulau Jawa yang diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 47/M-DAG/PER/7/2017 tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan di Konsumen.

“Di dalam rakortas diputuskan akan menggelar operasi pasar. Kami (Satgas) akan mengawal mengamankan stabilisasi pangan. Lewat operasi pasar,kami harapkan harga bisa sesuai dengan yang ditetapkan,terjangkau oleh masyarakat,”ungkap Kepala Satgas Pangan Irjen Setyo Wasisto di Jakarta,kemarin.

Setyo menginstruksikan kepada masing-masing Satgas didaerah untuk segera berkoordinasi dengan pemangku kepentingan (stakeholder) terkait untuk menjaga stabilitas harga pangan. Menurutnya, berdasarkan pengalaman, siklus naik dan turun harga pasti terjadipada akhir tahun. Kenaikan bisa disebabkan karena pasokan terlambat dan faktor macam-macam lainnya. Tetapi, yang terpenting kenaikannya tidak signifikan.

“Kalau produksi (ada) semoga bisa terjaga (harganya) khususnya komoditas- moditas yang sangat dibutuhkan menjelang Natal seperti tepung terigu, telur, daging, daging ayam, kemudian bawang merah,”ujarnya.

Dari pantauan Satgas selama dua minggu terakhir, menurut Setyo, ada kenaikan harga terhadap beberapa bahan pangan salah satunya beras. Namun kenaikannya tidak terlalu signifikan.Kendati begitu, kenaikan beras ikut menyumbang inflasi. Oleh sebab itu untuk beras sebetulnya tidak boleh terjadi kenaikan. Harga stabil lebih baik.

Direktur Utama PT Food Station Tjipinang Jaya Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, saat ini harga beras masih stabil. Harga beras medium sekitar Rp 8.700 per kg. Sedangkan, untuk jenis premium sekitar Rp 10.500-Rp 12.500 per kg. [KPJ]

RM Video