Duta Besar Swedia Untuk Indonesia Marina Berg

Heningkan Cipta Saat Resepsi Nordic Night

Kasih Jempol: Dubes Marina Berg (kedua kiri) bersama Dubes Norwegia Vegard Kaale (kiri), Dubes Finlandia Jari Sinkari (kedua kanan), dan Dubes Denmark Rasmus Kristensen dalam acara Nordic Night di Jakarta.

Rakyat-Merdeka.co.id - Empat Kedutaan Besar negaranegara Nordik: Swedia, Finlandia, Norwegia dan Denmark. yang ada di Jakarta mengadakan perayaan bersama. Nordic Night. Acara itu berlangsung meriah. Ada suguhan musik dance R&B serta DJ. Di tengah kemeriahan itu, mereka mengingat korban gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah.

Dubes Marina Berg Dubes Norwegia Vegard Kaale, Dubes Finlandia Jari Sinkari dan Dubes Denmark Rasmus Kristensen mengajak para tamu mengheningkan cipta sebagai bentuk solidaritas kepada korban gempa 7,4 skala Richter pada 28 September lalu. “Sekali lagi saya menyampaikan dukacita kepada para korban gempa di Sulawesi Tengah. Untuk mengenang dan mendoakan para korban, mari kita mengheningkan cipta selama 30 detik,” ujar Dubes Kristensen yang menjadi jubir di antara keempat dubes tersebut, 18 Oktober lalu.

Usai mengheningkan cipta, keempatnya berpidato secara bergantian. Mereka menyatakan dukungan Indonesia untuk menjadi negara yang memanfaatkan green technology di masa depan. Pada kesempatan itu, Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia Sofyan Djalil mengucapkan terima kasih atas ucapan dukacita dan belangsungkawa yang disampaikan untuk para korban gempa Sulteng.

“Atas nama Pemerintah Indonesia saya mengucapkan selamat Nordic Night. Saya mengucapkan terima kasih atas ungkapan belasungkawa bagi korban gempa di Sulawesi Tengah. Pemerintah Indonesia telah melakukan upaya untuk mengatasi dan mengevakuasi korban,” imbuhnya. Pada malam itu juga, Dubes Berg memperkenalkan diri. “Hai, halo. Perkenalkan saya dubes baru Swedia. Salam kenal,” kicaunya. “Mereka pengawal saya. Abaikan saja. Mereka tidak galak,” canda Dubes terhadap kannya yang cowok cowok. Keempat dubes ini saling bercanda dengan para tamu. Mereka juga terlihat berpencar dan mendatangi stand yang didirikan sejumlah sponsor. Setidaknya ada 33 sponsor yang mendukung perayaan yang dilaknsanakan di Ayana Hotel Mid Plaza. Sebagai dubes baru, Berg jelas ingin sekali mendapat teman baru. Saking antusiasnya, dia nampak sibuk mempromosikan sejumlah kebudayaan khas negaranya.

“Ini kuda Dala. Ini biasanya menyimbolkan keteguhan dan kekuatan warga Swedia,” beber Berg. Bahkan ada miniatur kuda Dala yang dibentuk dari Lego, perusahaan mainan bongkar pasang dari Denmark. Banyak stand menarik yang bisa didatangi para tamu. Yang paling favorit, adalah stand Lego. Ada dua patung turis yang mempromosikan spot destinasi wisata di negara Nordik. [DAY]

RM Video