Digendong Prabowo, Anak Kecil Menangis

Salah satu anak yang digendong Prabowo Subianto, tidak menangis. (Foto: FB@PrabowoSubianto)

Prabowo Subianto jadi gunjingan netizen, kemarin. Fotonya yang lagi menggendong anak kecil beredar di media sosial. Ada beberapa foto, tapi yang jadi gunjingan pegiat dunia maya adalah foto bocah menangis saat digendong Prabowo. Peristiwa ini terjadi saat Prabowo menghadiri haul Mbah Priok, di
lokasi Makam Mbah Priok, Koja, Jakarta Utara, Minggu (4/11). 

Saat memasuki area makam, ribuan warga antusias menyambut Prabowo, yang datang menumpang mobil bernomor polisi B 1719 PSD. Dari dalam mobil Lexus warna putih itu, Prabowo nongol dari sunroof mobil dan membalas sambutan warga dengan lambaian tangan. Mobil Prabowo melaju lambat. Warga berusaha memotret dengan kamera ponsel masing-masing.

Di antara mereka ada juga yang mengacungkan dua jari, nomor urut Prabowo di Pilpres 2019. Prabowo yang mengenakan baju khasnya berwarna krem, berpeci hitam ramah menyalami warga. Prabowo lantas masuk ke area makam. Dia berada di dalam lokasi makam, sekitar satu jam untuk mengikuti rangkaian haul Mbah Priok ke-263, yang juga dikenal sebagai Habib Hasan bin Muhammad al-Haddad, tokoh yang dihormati di daerah ini.

Nah, setelah acara selesai dan Prabowo hendak keluar area makam menuju mobil, dia kembali disambut warga. Bajunya sampai berkeringat. Di sinilah dia sempat menggendong sejumlah anak kecil di tengah kerumunan antusiasme warga. Respons anak-anak yang digendong Prabowo berbeda-beda. Yang paling viral ya foto anak yang digendong Prabowo menangis.

Ada dua foto yang ramai berseliweran di Twitter. Pertama, anak dengan kaos hitam, yang kedua anak kecil dengan baju koko dan peci putih. Keduanya digendong Prabowo di atas mobilnya. Keduanya sama-sama menangis dalam gendongan dan dekapan Prabowo. Meski begitu, sebagai perbandingan, ada juga foto Prabowo lagi menggendong anak lainnya, tapi sang anak biasa biasa saja, tak menangis. Pertama, anak kecil perempuan diangkat Prabowo dari atas mobil, si anak nampak biasa saja. Ada pula anak laki-laki yang berpeci hitam. Anak kecil ini juga tak menangis.

Foto-foto yang viral itu jadi bahan gunjingan netizen. Banyak yang meledek. “Kampanye Prabowo di Bogor. Eiittzzz. Tapi tunggu dulu! Rada-rada aneh juga nih. Ini kenapa semua anak yang digendong Prabowo pada nangis? Ada yang bisa jawab?” kicau @ApriliaLin menautkan dua gambar foto Prabowo nggendong bocah cilik. Akun @SuarakuRakyatku menjawab. “Ini kenapa ya anak yang digendong Prabowo nangis terus? Konon katanya anak kecil bisa liat malaikat dan setan, karena belum punya dosa alias masih bersih,” cuitnya serupa dengan @rommyzury.

“Anak kecil itu hatinya masih sangat bersih. Itu saja, selanjutnya silakan terangkan sendiri.” Akun @Miss_Brazil membandingkan dengan foto Jokowi menggendong anak Papua. Bedanya, anak Papua ini tersenyum gembira. “Salam dari anak-anak Papua,” cuitnya diamini @AulindaFara. “Awww gemes ya lihat adek-adek kecilnya. Lucu. Dan Pak Jokowi kelihatan bangga banget nggendong mereka.”Akun @jual_teloriseng. “Jokowi gendong anak-anak = pencitraan. Prabowo gendong anak-anak = penyiksaan,” cuitnya. 

Akun @JsDyz memberi saran. “Besok-besok Pak @prabowo ga usah gendong-gendong anak kecil lagi ya pak, selain anak-anak pada nangis ketakutan, dekapan bapak kurang nyaman & tidak terbiasa,” cuitnya. Namun, akun @InsideErick mengimbau netizen menyudahi saling serang dan nyinyir. “Teman, kalau Pak Prabowo gendong anak, lalu anak itu nangis, tak perlulah diposting Pak Jokowi. Foto Pak Jokowi gendong anak yang senyum. Buat apa? Masa anak-anak nangis dan tertawa saja dijadikan bahan untuk saling serang. Capek lihatnya,” kicaunya diamini @Adetantidewiana. “Lelah hati liat nya. Ga elok. Ga cantik,” kicaunya.

Kendati begitu, dalam sambutannya, Prabowo mengaku tak sedang berkampanye. Dia tidak meminta dukungan, karena makam Mbah Priok dianggap dalam kategori tempat ibadah. “Tentunya sebagai calon presiden, juga dengan wakil saya Sandiaga Uno, kami terikat ketentuan. Jadi ketentuan-ketentuan itu membatasi kami, tidak boleh mengajak atau meminta dukungan di tempat ibadah atau tempat agama. Ini saya anggap bagian dari tempat ibadah,” ungkap Prabowo di depan ribuan warga.

Namun begitu, dia tak bisa menolak dukungan yang sangat jelas diberikan warga Tanjung Priok. Sebab saat masuk ke area makam Mbah Priok, hampir 90 persen angkat tangan dua jari. “Saya tidak mengajak, tapi saya bisa menangkap artinya ke mana,” ujarnya. [FAQ]

RM Video