Masuk Urutan Ke-11 Perusahaan Terbaik Dunia

Bank Mandiri Kalahkan Mastercard Dan Ferrari

Sumber foto : bijaks.net

Rakyat-Merdeka.co.id - Majalah Forbes baru saja merilis daftar Global 2000: World’s Best Employers atau daftar Perusahaan Dunia Terbaik untuk karyawannya. Dari daftar perusahaan tersebut ada enam perusahaan besar asal Indonesia, Salah satunya, yaitu PT Bank Mandiri Tbk, berhasil menduduki urutan ke-11. Bank pelat merah ini sukses mengalahkan perusahaan-perusahaan top global lainnya. Peringkat pertama dalam list yang dirilis kemarin tersebut dipegang oleh Alphabet, perusahaan asal Amerika Serikat (AS) yang merupakan induk dari Google. 

Sementara, perusahaan yang masuk peringkat kedua adalah Microsoft, disusul Apple, Walt Disney, dan Amazon di peringkat ketiga sampai kelima. Bank berlogo pita kuning ini sukses berada di peringkat 11 dunia, mengalahkan perusahaan top global seperti VW, IBM, Mastercard, Netflix, Nestle, Coca-cola, Ferrari sampai Facebook. Mandiri hanya satu peringkat di bawah BMW Group. 

Dalam laman media sosial Instagram pribadinya, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo memasukkan lampiran list Forbes, dengan membubuhkan rasa syukur dan bangganya atas pencapaian tersebut. “Alhamdulillah Bank Mandiri masuk ke peringkat 11 dari 500 World Best Employers, bersanding dengan Microsoft, Apple, Disney, Daimler, BMW, IBM dan lainnya. Sungguh bersyukur bisa mempersembahkan ini kepada segenap Mandirian dalam ONE MANDIRI TEAM bersamaan dengan 20 tahun Bank Mandiri,” tulisnya.

Tak tanggung-tanggung, bank yang memiliki sekitar 38.307 pegawai dan kapitalisasi pasar 24,1 miliar dolar Amerika Serikat (Rp 366,14 triliun) ini, menjadi perusahaan di urutan pertama dari Indonesia yang masuk list Forbes. Sementara dalam daftar perusahaan top bagi karyawannya di urutan Indonesia, posisi kedua diduduki PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Perusahaan yang saat ini digawangi oleh Jahja Setiaatmadja ada di urutan ke-32 dalam skala perusahaan terbaik dunia. BCA memiliki 26.962 karyawan yang memfasilitasi komersial dan layanan keuangan lainnya. BCA beroperasi di berbagai wilayah di Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa Kalimantan hingga Indonesia Timur.

Urutan ketiga dari Indonesia atau posisi 109 dalam skala dunia ditempati Gudang Garam. Perusahaan rokok asal Kediri ini didirikan pada 1971, saat ini memiliki kapitalisasi pasar sebesar 9,7 miliar dolar AS (Rp 147,39 triliun). Gudang Garam kini dipimpin Susilo Wonowidjojo. Posisi keempat atau urutan ke-112 ditempati BUMN di bidang telekomunikasi, yakni PT Telkom Indonesia. Saat ini Telkom memiliki kapitalisasi pasar 25,8 miliar (Rp 392,13 triliun) dan jumlah karyawan 24.065 orang.

Selanjutnya, di urutan kelima atau posisi 157 diduduki yakni PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), yang memiliki jumlah karyawan 27.803 orang dan kapitalisasi pasar 11,1 miliar dolar AS (Rp 168,69 triliun). Bank yang didirikan pada 1946 lalu saat ini dipimpin Achmad Baiquni. Posisi keenam atau posisi 186 ada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), yang memiliki 60.683 karyawan. Bank yang dipimpin oleh Suprajarto ini memiliki kapitalisasi pasar 27,7 miliar dolar AS (Rp 420,95 triliun).

Untuk diketahui, Forbes merilis daftar ini bersama Statista, yang melakukan analisis dari 430 ribu perusahaan top global. Sang karyawan diminta untuk menilai langsung perusahaannya sendiri dan memungkinkan sang karyawan merekomendasikan perusahaannya tersebut ke teman atau anggota keluarganya. Mereka juga diminta untuk merekomendasikan perusahaan lain yang mereka kagumi.

Daftar ini didasarkan pada peringkat Forbes 2018 Global 2000 Rankings yang termasuk perusahaan publik dari 60 negara yang bersama-sama menyumbang 39,1 triliun dolar AS dalam penjualan, 3,2 triliun dolar AS dalam laba, 189 triliun dolar AS dalam aset dan 56,8 triliun dolar AS dalam nilai pasar.[DWI]

RM Video